“If You can dream it, You can achieve it.” – Walt Disney –

Tahukah anda, akan menjadi seperti apa tiga atau lima tahun dari sekarang? Jika anda belum tahu, janganlah khawatir karena seluruh manusia di dunia ini juga tidak tahu akan akan hal itu. Bahkan esok masih hidup atau sudah tiada kita juga tidak tahu. Namun khawatirlah, bila Anda tidak punya mimpi atau gambaran apapun mengenai masa depan Anda.

Walt Disney bukanlah siapa-siapa ketika dilahirkan ke dunia. Bahkan dia tidak pernah bisa masuk ke taman hiburan di kotanya karena tidak mempunyai cukup uang untuk itu. Karena itulah dia bermimpi akan membangun taman hiburan anak-anak terbesar suatu hari nanti. Dan impian itulah yang mengatarnya membangun Disneyland.
Kesuksesan di masa depan sangat erat kaitannya dengan impian, harapan dan cita-cita. Karenanya memiliki impian sangatlah penting. Gambaran yang jelas mengenai apa yang ingin kita capai di masa depan akan memberikan motivasi dan inspirasi. Untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang mimpi atau cita-cita, anda bisa melakukan self-programming.
Untuk melakukan self-programming ada 4 langkah yang perlu dilakukan:
1. Menemukan apa yang ingin dicapai
2. Relaksasikan pikiran
3. Visualisasikan keberhasilan yang ingin diraih
4. Lakukan afirmasi secara berulang dengan self-talk

Langkah 1: Temukan apa yang ingin dicapai
Pikirkan dan temukan keberhasilan apa yang paling kita inginkan. Inilah goal setting. Dan ini adalah tahapan yang sangat penting. Seringkali kita takut-takut dalam menetapkan tujuan. Hal ini terjadi karena kita memandang tujuan kita dengan menggunakan kacamata kemampuan kita saat ini. Itu adalah mental block, perangkap pikiran yang menhambat kesuksesan. Tentukanlah goals yang setinggi-tingginya. Jangan terbebani dengan kemampuan dan kondisi kita saat ini.
Langkah 2: Relaksasikan pikiran
Sebelum melakukan self-programming, bawa pikiran pada kondisi paling relaks. Kondisi relaks dibutuhkan agar pikiran bawah sadar kita bekerja dengan baik. Pikiran bawah sadarlah yang akan menuntun kita mencapai apa yang kita inginkan. Kondisi relaksasi bisa dicapai dengan mendengarkan lagu-lagu instrumental yang lembut, kondisi hening dan menarik nafas dalam-dalam sambil memejamkkan mata.
Langkah 3: Visualisasikan keberhasilan yang ingin diraih
Dalam kondisi relaksasi, visualisasikan apa-apa yang ingin anda raih, sejelas dan senyata mungkin. Pikiran bawah sadar anda harus benar-benar mengalami keberhasilan yang anda inginkan. Untuk membuat visualisasi itu menjadi nyata, imaginasikan seolah-olah anda sudah mengalami hal itu. Jika anda di sebuah ruangan bayangkan warna dinding, lantai, langit-langit, lukisan dan ornament-ornamen lainnya. Imaginasikan seoulah-olah anda bisa mencium aroma dan bahkan merasakan suhu ruangan tersebut. Buatlah semua senyata mungkin.
Langkah 4: Lakukan afirmasi secara berulang dengan self-talk
Yakinkan diri, bahwa anda pasti bisa mencapai apa yang anda cita-citakan. Berbicaralah pada diri anda sendiri, lakukan self-talk. Lakukan afirmasi ini secara berulang agar pikiran bawah sadar anda benar-benar meyakini hal ini. Pikiran bawah sadar selalu berusaha membuktikan apa yang anda yakini adalah benar. Dan pikiran bawah sadar akan menuntun anda untuk mencapai apa yang anda cita-citakan.
Setelah semua tahapan itu anda lalui, maka tahapan self-programming sudah selesai. Setelah semua tahapan anda lakukan, apakah itu cukup? Apakah secara otomatis anda akan mencapai keberhasilan? Jawabannya tentu saja “TIDAK !!!”.
Ini baru setengah jalan. Dan ini baru mimpi. Untuk bisa merealisasikan mimpi-mimpi tersebut, maka anda perlu segera “ACTION”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *